Sabtu, 11 Juli 2015

Pantai Prigi Trenggalek

Pantai Prigi Yang Indah



Pantai Prigi ini terletak di desa Tasikmadu, kecamatan Watulimo, atau sekitar 48 Kearah selatan Kota Trenggalek. Selain menjadi obyek wisata yang sering dikunjungi, pantai Prigi juga merupakan Pelabuhan Perikanan Nasioanal, dimana tempat penangkapan ikan terbesar di pantai selatan pulau Jawa. Pengunjung yang datang ke pantai ini juga bisa menikmati waktu dengan memancing, berkemah, tenis atau hanya tinggal di beberapa hotel dekat pantai dan menikmati suasana yang elok.

Pantai Prigi akan menjadi lebih ramai di bulan Selo, kalender Jawa, karena para nelayan di pantai ini akan menggelar upacara tradisional Larung Sembonyo, yang merupakan upacara tahunan sebagai bentuk ucap syukur kepada Tuhan akan hasil laut yang melimpah.

Selain sebagai upacara ucap syukur, penduduk lokal juga percaya bahwa ritual Larung Sembonyo diadakan sebagai bentuk peringatan pernikahan dalam sejarah Raden Tumenggung Yudha Negara, yaitu seorang kepala prajurit Kerajaan Mataram yang berhasil membuka wilayah Prigi dengan jaminan bersedia menikahi Putri Gambar Inten. Tapi yang terpenting dari diadakannya acara tahunan larung sembonyo atau labuh laut ini yaitu untuk memperkenalkan obyek wisata pantai prigi kepada masyarakat laus sehingga dapat menarik minat wisatawan dari berbagai daerah di jawa timur dan Indonesia pada umumnya.

Fasilitas :

Di Pantai Prigi ini tersedia berbagai fasilitas yaitu : Cottage, hotel dan perahu sewa, termasuk Prigi hotel dan sebuah hotel milik koperasi Pemerintah Daerah, serta beberapa restoran  dan warung yang menyajikan aneka makanan dan minuman nusantara. Di sini juga tersedia area parkir yang cukup luas, jadi kendaraan bisa di taruh di area parkir dan wisatawan bisa berjalan kaki ke arah pantai sambil menikmati semilirnya angin pantai.

                                                                          Galery













Pantai Pasir Putih Karanggongso

Pantai Pasir Putih Karanggongso

Pantai Pasir Putih Karanggongso

Pintu Gerbang Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi

Pantai Prigi

Patung Ikon Pantai Prigi

Pantai Prigi

Dermaga Kapal

Pantai Prigi
Pantai Pasir Putih Karanggongso

Jalur Lintasan Selatan Pantai Prigi

Jembatan Galau - Hutan Mangrove

Hutan Mangrove

Labuh Laut - Larung Sembonyo






6 komentar:

  1. Indah Juga ya... Cocok untuk dikunjungi nih

    BalasHapus
  2. Bagus juga ... menarik untuk dikunjungi

    BalasHapus
  3. SANGAT BAGUS BAANGET POOLLL GUA HEBAT JADI BAND DI TRENGGALEK SWIPPERBOY SIP KABUPATENKU JADI ISTIMEWA INDAH HEBAT YEEAAAAHH UHUUUIII

    BalasHapus